Rabu, 23 Februari 2011

MeSiN 2 tak DaN 4 tAk......!!!!!!!!!!!!!!!!

 Mesin 2 Tak dan 4 Tak

Jenis engine sepeda motor yang digunakan saat ini ada 2 jenis yaitu engine 4 tak dan 2 tak,namun akhir-akhir ini jenis engine 2 tak mulai jarang digunakan dan pabrikan sepeda motor pun sudah mulai tidak memproduksinya.Namun tidak ada salahnya kalau kita mengetahui apa perbedaan antara mesin 4 tak dan mesin 2 tak.
Mesin 4 tak dan 2 tak dibedakan atas langkah kerja dan konstruksinya:

A.Mesin 2 Tak


Mesin 2 tak/langkah adalah mesin yang dalam satu siklus kerjanya membutuhkan 2 langkah yaitu langkah isap dan langkah buang untuk menghasilkan satu kali putaran poros engkol.

1.Langkah Isap.

Pada langkah isap piston bergerak dari TMB(Titik Mati Bawah) Menuju TMA(Titik Mati Atas).Pada saat piston berada pada posisi TMB campuran bahan bakar yang berada di bawah piston didorong keluar melalui saluran pembilasan.Dari posisi TMB piston naik menuju TMA piston akan mendorong campuran bahan bakar yang yang keluar dari saluran pembilasan sampai piston menuju TMA.Pada posisi TMA ini terjadi kompresi atau penekanan campuran bahan bakar di dalam silinder oleh piston dan pada saat ini pula busi akan memercikkan api dan terjadilah pembakaran yang menghasilkan letusan untuk mendorong piston menuju TMB.

2.Langkah Buang.

Ledakan yang dihasilkan dari proses pembakaran di dalam silinder akan mendorong piston bergerak dari TMA menuju TMB.Piston dari TMA Ke TMB akan mendorong campuran bahan bakar dari saluran masuk menuju saluran pembilasan.Saat piston berada pada posisi TMB saluran pembuangan dan pembilasan akan terbuka,campuran bahan bakar dari saluran masuk melalui saluran pembilasan akan mendorong gas sisa pembakaran di dalam silinder keluar menuju knalpot dan selesailah satu siklus kerja dari mesin 4 tak.

B.Mesin 4 Tak
Pada mesin 4 tak/langkah dalam satu siklus kerjanya diperkukan 4 langkah proses dalam 2 kali putaran poros engkol.

1.Langkah hisap.

Pada langkah ini pistom akan bergerak dari TMA menuju TMB,posisi katup masuk akan membuka,pergerakan piston dari TMB menuju TMA akan menarik/menghisap campuran bahan bakar dari karburator masuk menuju silinder/ruang bakar.

2.Langkah tekan/kompresi.

Dari posisi TMB piston akan bergerak menuju TMA mendornog campuran bahan bakar didalam silinder ,pada proses ini semua katup akan tertutup sehingga terjadilah tekanan udara dalam silinder meningkat.

3.Langkah Pembakaran.

Sesaat sebelum piston mencapai TMA busi mengeluarkan percikan api kemudian terjadilah proses pembakaran campuran bahan bakar di dalam silinder.Hasil pembakaran ini adalah ledakan dengan energi yang sangat besar untuk mendorong piston dari TMA menuju TMB memutar poros engkol dan menggerakkan roda gigi transmisi pada sepeda motor.

4.Langkah Buang.

Pada langkah ini piston bergerak dari TMB Menuju TMA dengan posisi katup buang terbuka.Gas sisa pembakaran akan terdorong keluar melalui katup pembuangan menuju knalpot.Sampai sini selesai sudah satu siklus dari proses kerja mesin 4 tak.


Kiyora Mobil Irit Andalan Mazda


Tokyo, 2 Oktober 2009 - Mazda Motor Corporation akan memamerkan mobil konsep teranyarnya, Mazda Kiyora pada hajatan Tokyo Motor Show (TMS) ke 41 yang akan berlangsung 24 Oktober – 4 November mendatang.
Mobil itu dibekali mesin SKY-D berkapasitas 1.300 cc dan dipadukan dengan teknologi SKY Drive 6 Speed Otomatic Transmission. Mazda juga menyebut, dari hasil uji coba yang dilakukan Japan’s 10 -15 mode test cycle, kendaraan itu hanya membutuhkan satu liter bahan bakar untuk 32 kilometer jarak yang ditempuh.
Dalam siaran persnya seperti yang dikutip nihoncar.com, Mazda menyebut, mobil itu merupakan aplikasi dari hasil inovasi teknologi teranyar mereka yang akan dipamerkan pada gelaran Tokyo Motor Show 2009.
Di ajang itu, pabrikan asal Jepang ini akan memamerkan dua mesin generasi terbaru produknya. Keduanya adalah, mesin bensin direct injection SKY-G Mazda serta mesin diesel SKY-D. Keduanya diklaim ramah lingkungan, namun memiliki tingkat torsi tetap tinggi karena efisiensi pembakaran lebih optimal.

SKY-G mesin bensin 2.000 cc direct injection itu, teknologi variable valve timing-nya (VVT) telah disempurnakan sehingga mampu menghasilkan efisiensi bahan bakar hingga 15 persen. Sementara, torsi mesin ini disebut-sebut sama dengan torsi varian sport Mazda, yaitu Mazda 3 2.0.
Sedangkan SKY-D adalah mesin diesel 2.200 cc dengan efisiensi bahan bakar hingga 20 persen.
Keduanya dilengkapi teknologi sistem transmisi baru yang dinamakan SKY Drive Otomatic Transmission. Sistem konverter torsi dan kopling yang ada selama ini didesain ulang dan dilengkapi fitur dual clutch transmission sehingga pergesaran tingkat transmisi pun lebih halus dan berlangsung secara cepat.
Walhasil tingkat konsumsi bahan bakar lebih hemat. Dan hasil dari serangkaian inovasi itu adalah Mazda Kiyora.
Sumber foto 01
| Foto 02

Kubota 6 kW Blemish 1800 rpm water cooled sound attenuated with breaker and fuel tank $ SOLD OUT

These are current model designed for use as light tower. Light tower generators have a very high motor start capacity. Theses units were damaged in shipping and all have some cosmetic damage. If you are concerned more with appearance than function you will not be happy. If you love a good deal and don't mind cosmetic damage, you will be very happy with these little gems. These are Terex light tower model 4000 spec sheet click here! The tower and axles are missing. Kubota Diesel 6 kW blem
Nice circuit breaker panel. Includes gi convenience outlet, hour meter and preheat. Also large capacity plastic fuel tank fully self contained .Marathon Brushless alternator Model 201CSA5411 click here for spec sheet!
Kubota Diesel Generator panel
Smooth running, reliable 1800 rpm, three cylinder Kubota, water cooled Diesel engine. Kubota Diesel Engine Model D1105BGE101click here for spec sheet!Kubot Diesel generator engine imageThese are late model kubota powered Diesel generators with cosmetic damage. Supplies limited.

Kubota engine

Open 9:00 AM - 5:00 PM pacific time. 800 341 7027 or 619 669 1995

Hardy Diesels & Equipment Inc
15749 Lyons Valley Rd.
Jamul CA 91935
Toll Free: (800) 341 7027
Int: (619) 669 1995
hardy Diesel